Kita mulai baca Kitab Ayub [Pengantar dan Bahan Minggu ke-1]

Promosi

Yay! Besok kita akan mulai baca kitab Ayub!

Minggu ini kita akan baca pasal 1-5. Bergabunglah dengan SPPI di Facebook Page supaya kamu bisa mendapatkan posting pasal-pasal, pertanyaan untuk diskusi/refleksi dan juga ayat harian untuk hari itu.

Tentang kitab Ayub

Setelah menceritakan 42 pasal kitab Ayub, penulisnya mewariskan pada kita sebuah fakta yang tidak tergoyahkan dan tidak diragukan: Tuhan mengatur segala hal untuk tujuanNya yang baik adanya. ~ John Piper

Tujuan: Kitab Ayub mengajarkan pada kita bagaimana bertahan dalam penderitaan dan menjawab pertanyaan “mengapa orang benar mengalami penderitaan?”. Penderitaan akan datang pada siapa pun di dunia ini, tapi kita melihat bahwa Ayub tidak mengutuk Tuhan dan kita pun seharusnya demikian. Kitab Ayub juga memperlihatkan relasi antara Tuhan dan manusia dan bagaimana kita perlu meresponi dengan iman dan percaya akan anugerah Allah yang berdaulat.

Penulis: Anonim

Waktu penulisan: Ayub adalah kitab tertua di dalam Alkitab, meski waktu penulisannya tidak diketahui dengan pasti. Berdasarkan isinya, diperkirakan ditulis pada milenium kedua (2000-1000) SM.

Ayat Kunci: “Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan!” Ayub 1:21

Mengapa orang benar mengalami penderitaan? Mengapa hal-hal yang buruk terjadi pada orang-orang yang baik?

Kitab Ayub memberi kita wawasan tentang hal ini. Kita hidup di dunia yang rusak dan sebagai akibatnya, hal-hal buruk terjadi – bahkan pada orang-orang baik. Namun, beberapa orang percaya bahwa ini berjalan seiring dengan dosa. Meskipun kadang-kadang benar demikian, namun tidak selalu demikian.

Tema utama kitab Ayub:

  1. Kesetiaan kita pada Tuhan seharusnya tidak berdasarkan pada kemakmuran kita. Jika kita hanya setia pada Tuhan ketika berkat mengalir – itu adalah iman yang dangkal! (Ayub 1:9-10)
  2. Ketika hal-hal buruk terjadi dalam hidup kita, penting untuk mengakui bahwa Tuhan berdaulat atas segalanya, entah itu baik atau buruk (Ayub 1:20-21).
  3. Tuhan adalah pencipta dan penopang segala sesuatu. Kegagalan untuk mengakui peranan Allah dalam hidup kita mempengaruhi cara pandang kita dan menempatkan kita pada pergumulan rohani (Ayub 38:36).
  4. Setan akan menyerang. Setan mencoba untuk menggambar irisan antara Allah dan Ayub. Kita harus mengakui bahwa Setan berusaha untuk menyerang kita dan membuat perpecahan antara Allah dan kita. Kita tidak boleh membiarkan hal ini terjadi.

Tatanan kitab Ayub:

  1. Kesulitan Ayub (1-3)
  2. Pembelaan Ayub (4-37)
  3. Penyelamatan Ayub (38-42)

Ayub menunjukkan pada kita bahwa penderitaan akan terjadi. Penderitaan kita akan memberikan kesaksian akan hubungan kita dengan Tuhan.

Apakah kita menyalahkan Tuhan dalam penderitaan kita, atau apakah kita melihat Tuhan sebagai Allah yang berdaulat dan tahu bahwa Dia tetap Allah yang baik?

Apakah kita mempercayai perkataan teman-teman kita, atau bersandar pada firman Tuhan dan kehadiranNya?

Kitab Ayub akan mengajak kita mengevaluasi masa-masa sulit dalam hidup kita dan melihatnya lewat mata yang abadi. Kiranya kita mengijinkan hikmat Allah memenuhi pikiran kita, bahkan dalam kondisi yang tersulit dalam hidup kita. 

Jadwal:

11 Januari – 4 Maret 2016

Jadwal untuk minggu ke-1:

j1

Berikut pertanyaan untuk diskusi minggu ini:

(Jika kau tidak punya kelompok saat teduh, gunakanlah untuk refleksi diri sendiri)

Untuk mencetak 42 Pertanyaan Diskusi Kitab Ayub – KLIK DISINI

Berikut ini ayat harian untuk minggu ini:

Cetaklah ayat-ayat di atas dalam 1 lembar A4. Cetak lembar ini dan taruhlah si dekat komputermu, di dapur, di tempat tidur, di dompet, kamar mandi, mobil, di sebelah ranjang atau di tempat engkau menghabiskan waktu.

Renungkan dan resapi firman Tuhan siang dan malam!

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. Yosua 1:8

Jika kamu ingin mencetak Ayat Harian Minggu ke-1 – KLIK DISINI

SETIAP PAGI (Senin-Jumat) pukul 07.30 di Facebook akan diposting bahan bacaan hari itu.

Bergabunglah di Facebook Page:  Facebook/SelamatPagiPerempuanIndonesia

Bergabunglah juga di Instagram dengan menggunakan hashtag #SelamatPagiPerempuanIndonesia

Buatlah kelompok saat teduhmu bersama dengan saudari-saudari atau teman-temanmu. Jika kamu ingin sekali memiliki kelompok saat teduh namun saat ini tidak memilikinya, kirimlah pesan pada kami lewat inbox FB, ya. Kami akan membalas pesanmu dan mencoba menolongmu.

Bagi para ladies yang baru bergabung di SPPI, bacalah panduan SOAK (Scripture, Observation, Application dan Kneeling in Prayer) di SINI.

SOAK - sppi

Dan juga gunakanlah Pewarnaan Alkitab jika kamu ingin belajar SLOW DOWN – perlahan-lahan membaca dan meresapi Alkitab.

Tabel Pewarnaan Alkitab

Bahan-bahan studi disediakan oleh Good Morning Girls dan diterjemahkan oleh Selamat Pagi Perempuan Indonesia.

Semoga minggu ini menjadi minggu yang penuh arti, minggu menyelami firman Tuhan. Mari berjalan bersama-sama dengan Tuhan.

Dalam kasih-Nya,

~Dita~ untuk SPPI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s