Advent 1 – Renungan

Renungan wk1

Harapan

Bacaan Alkitab – Lukas 1:26-38 (KLIK DISINI)

Kita hidup di zaman dimana orang-orang mencari pengharapan di dalam hidup mereka.

Beberapa lari ke uang, mereka berpikir bahwa memiliki rumah yang baik, mobil yang bagus, baju-baju yang indah atau uang yang banyak di tabungan akan memberi mereka pengharapan, kedamaian dan stabilitas yang mereka cari. Beberapa berpaling pada politikus-politikus dengan janji-janji mereka akan pengharapan dan hidup yang lebih baik yang pada akhirnya hanya membawa mereka pada kekecewaan. Sementara beberapa yang lain mencari hubungan-hubungan atau narkoba untuk memenuhi kekosongan yang hanya bisa diisi oleh pengharapan akan Tuhan. Yang tidak mereka sadari adalah bahwa pengharapan itu ada di sini.

Pengharapan kita datang dibungkus dengan kain lampin dan ditaruh di palungan yaitu natal pertama. Cerita natal lebih dari hanya sekedar cerita tentang kelahiran seorang bayi ke dalam dunia, tapi tentang kelahiran Juruselamat dunia, kelahiran pengharapan yang masuk dunia kita, malam yang telah dinantikan begitu lama ribuan tahun lalu.

Apa yang menjadi hadiah Tuhan untuk kita pada natal pertama itu? Hadiah AnakNya yang terkasih….Penebus kita….Penyelamat kita…Pengharapan kita akan hari esok yang lebih baik. Tuhan memberi dunia yang tak berpengharapan dengan hadiah pengharapan yaitu natal pertama…dan Dia meneruskannya setiap tahunnya

Melihat cerita kelahiran Kristus kita melihat pengharapan datang bahkan ketika dunia kita tidak sempurna, dan masih seperti itu. Bahkan ketika segala sesuatu tidak sejalan dengan cara kita…hadiah pengharapan dimana hanya Kristus yang bisa menawarkan, masih ada di sini.

Mari kita melihat malam puncak kelahiran Tuhan kita yang manis. Apa yang Anda lihat? Seorang suami dengan istrinya yang masih muda, sembilan bulan hamil dan hampir melahirkan, keduanya lelah dari perjalanan hingga larut malam. Maria dan Yusuf yang malang…nampaknya tidak ada  yang sesuai kehendak mereka. Perjalanan ketika hamil sembilan bulan pastilah tidak ada dalam daftar rencana kegiatan Maria sebelum melahirkan Yesus…khususnya menaiki keledai. Melahirkan di kandang dengan “tidak ada tempat untuk meletakkan kepalaNya”…bukanlah apa yang dia bayangkan juga ketika malaikat menghampirinya pada malam-malam khusus sembilan bulan sebelumnya.

Hidup Maria berantakan.

Tapi Tuhan suka melakukan keajaiban-keajaiban besarNya di tengah kekacauan kita, dan tepat seperti itulah yang Dia lakukan pada malam khusus ribuan tahun lalu.

Pengharapan datang ke dalam dunia kita!

Pengharapan … bahwa Tuhan masih dapat menggunakan hidup bengkok ini dan membuat sesuatu yang indah dari padanya.

Pengharapan … bahwa kita tidak harus menjadi sempurna untuk dikasihiNya.

Pengharapan … bahwa yang terbaik masih belum datang.

“Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan (Roma 15:13).”

Bergabunglah bersama saya pada natal kali ini dan memusatkan perhatian kita pada hadiah pengharapan yang indah yang kita miliki melalui kelahiran Tuhan kita, Yesus Kristus!

Dalam kasih-Nya,

Dita ~ SPPI

Iklan

One thought on “Advent 1 – Renungan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s