Kitab Bilangan ~ Bahan Minggu Ke-4 (16-20)

autumn leaves close up background

Wah, kita sudah sampai di minggu keempat Kitab Bilangan! Terus semangat sampai akhir, ya.  Jika kamu baru bergabung di Selamat Pagi Perempuan Indonesia (SPPI), selamat datang! Selamat bergabung bersama-sama dengan perempuan Indonesia di SPPI dan perempuan-perempuan lainnya di seluruh dunia yang bergabung dengan Good Morning Girls (GMG).

Di blog GMG seperti yang dibagikan oleh Courtney, Minggu lalu di Bilangan 11, bangsa Israel sedang dalam perjalanan menuju Tanah Perjanjian. Mereka yang sudah merasa nyaman di perkemahan merasa bahwa perubahan ini suatu tantangan bagi mereka. Begitu juga dengan kita bukan – perubahan itu suatu yang berat bagi setiap orang secara emosional. Namun mereka melakukan kesalahan fatal di tengah-tengah perubahan itu.

Bilangan 11:1 mencatat,

“Pada suatu kali bangsa itu bersungut-sungut di hadapan TUHAN tentang nasib buruk mereka, dan ketika TUHAN mendengarnya bangkitlah murka-Nya, kemudian menyalalah api TUHAN di antara mereka dan merajalela di tepi tempat perkemahan.”

Bangsa Israel bersungut-sungut. Dan Tuhan marah. Namun bangsa Israel tidak belajar dari kesalahan mereka dan kembali menangis meminta dagin (Bil 11:4). Mereka tidak puas dengan pemeliharaan Tuhan pada mereka lewat manna. Allah memberi pada mereka apa yang mereka minta namun Tuhan memberikannya sampai mereka muak memakannya.

Bilangan 11:33-35 mencatat,

Selagi daging itu ada di mulut mereka, sebelum dikunyah, maka bangkitlah murka TUHAN terhadap bangsa itu dan TUHAN memukul bangsa itu dengan suatu tulah yang sangat besar. Sebab itu dinamailah tempat itu Kibrot-Taawa, karena di sanalah dikuburkan orang-orang yang bernafsu rakus.”

Mereka sangat gembira karena Tuhan mengabulkan doa mereka. Mereka mungkin berpesta pora akan daging yang mereka terima dan seketika itu Tuhan memukul mereka dengan tulah. Mereka mati. Karena itulah tempat itu dinamai “Kibrot-Taawa” yang artinya “Kuburan Hawa Nafsu”.

Berhati-hatilah akan apa yang kita minta dari Tuhan. Kita harus menguasai hawa nafsu kita. Ikutilah Tuhan lebih dari mengikuti hawa nafsu kita. Carilah dia dan berdoalah supaya kehendakNya jadi di dalam hidupmu.

Minggu keempat ini kita akan membaca Bilangan 16-20. Bergabunglah dengan SPPI di Facebook Page supaya kamu bisa mendapatkan posting pasal-pasal, pertanyaan untuk diskusi/refleksi dan juga ayat harian untuk hari itu.

Minggu ini kita akan membaca tentang:

Pasal 16 – Pemberontakan Korah, Datan dan Abiram

Pasal 17 – Tongkat Harun berbunga

Pasal 18 – Kewajiban dan penghasilan imam dan orang Lewi

Pasal 19 – Air Pentahiran

Pasal 20 – Miryam mati, dosa Musa dan Harun, Edom menolak permintaan orang Israel melalui negerinya, dan Harun mati

Berikut ini ayat harian untuk minggu ini:

B16 B17 B18 B19 B20

Cetaklah ayat-ayat di atas dalam 1 lembar A4. Cetak lembar ini dan taruhlah si dekat komputermu, di dapur, di tempat tidur, di dompet, kamar mandi, mobil, di sebelah ranjang atau di tempat engkau menghabiskan waktu. Renungkan dan resapi firman Tuhan siang dan malam!

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. Yosua 1:8

KLIK >>> Bilangan_Ayat_Minggu4 <<<

Dan, pertanyaan untuk diskusi minggu ini:

QBil16 QBil17 QBil18 QBil19 QBil20

SETIAP PAGI (Senin-Jumat) pukul 07.30 di Facebook akan diposting bahan bacaan hari itu.

Bergabunglah di Facebook Page: Facebook/SelamatPagiPerempuanIndonesia

Bergabunglah juga di Instagram dengan menggunakan hashtag #SelamatPagiPerempuanIndonesia

Mari terus mengucap syukur pada Tuhan karena kebaikanNya.

God is good all the time. All the time God is good.

Tuhan memberkatimu ^^~

Dalam kasih-Nya,

~Dita~ untuk SPPI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s