Metode SOAK (‘meresap’)

SOAK - sppi

Metode yang kita gunakan di GMG disebut sebagai metode SOAK (yang berarti ‘meresap’).

  • S – Singkatan dari Scripture (Firman Tuhan) – Baca pasal untuk hari itu. Lalu pilih 1-2 ayat dan tulis ulang kata per kata. (Tidak ada pilihan yang benar atau salah – biarkan Roh Kudus membimbingmu.)
  • O – Singkatan dari Observation (Pengamatan) – Amati ayat atau ayat-ayat yang telah kau tulis. Tulis 1 atau 2 pengamatan. Apa yang menarik perhatianmu? Apa yang kau pelajari tentang karakter Allah dari ayat-ayat itu? Apakah ayat itu tentang janji, perintah atau pengajaran?
  • A – Singkatan dari Application (Penerapan) – Personalisasikan ayat-ayat itu. Apa yang Tuhan katakan padamu? Bagaimana kau menerapkannya dalam hidupmu? Apakah ada perubahan yang harus kau buat atau sesuatu yang harus kau lakukan?
  • K – Singkatan dari Kneeling in Prayer (Berlutut dalam Doa) – Berhentilah, berlutut dan berdoa. Akuilah dosa-dosa yang Tuhan tunjukkan padamu hari ini. Pujilah Tuhan atas firman-Nya. Berdoalah untuk hidupmu atau seseorang yang kau kasihi. Mintalah Tuhan menolongmu untuk menerapkannya dalam hidupmu.

Resapi firman Tuhan di dalam hatimu dan peraslah sebisa mungkin setiap firman yang kau baca setiap hari.  Segera kau akan menemukan hidupmu diubahkan oleh pembaharuan pikiranmu!

Iklan

One thought on “Metode SOAK (‘meresap’)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s